Rabu, 27 Februari 2013

Kwarcab Kota Semarang

 

Sanggar Bakti Pramuka Kota Semarang 

Alamat Sanggar Bakti Kwartir Cabang Kota Semarang di Jl. Dr Hamka 234 Semarang 50189. Alamat Kwarcab Kota Semarang saat sangat mudah di jangkau. Alamat sebelumnya ada di jl Ronggolawe, sederet dengan SMA 6 Semarang dan SMP 1 Semarang. Gedung lama sekarang sudah di bongkar, saat ini sudah di bangun kembali menjadi Komplek perkantoran Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang.

Sanggar bakti Kwarcab Kota Semarang (Kwarcab) saat ini sekompleks dengan kantor kecamatan ngaliyan. Letaknya cukup stretegis karena dekat dengan akses jalan raya, walupun tidak persis di jalan utama, tetapi agak menjorok ke dalam karena di depannya ada lapangan kecil yang digunakan untuk basket dan voli.

Untuk menuju Kwarcab Kota Semarang cukup mudah, kalo misal dari arah kota (simpang lima, Tugu muda atu Kalibanteng). Tinggal menuju saja ke arah Jakarta, setelah melewati kalibanteng dan pertigaan lampu merah pintu  tol krapyak, nanti akan ada pertigaan pasar njrakah. Setelah itu belok kiri menuju ke arah mijen, sekitar dua km, kiri jalan ada SMP 16 Semarang, kira-kira seratus meter ada lapangan basket. Kwarcab ada di kompleks Kantor kecamatan Ngaliyan.

Jika dari arah Jakarta (Batang, kendal, dan mangkang) lewat pantura, tinggal turun di njrakah (paling gampang adalah UIN Walisongo) dan belok kanan, sama seperti sebelumnya turun di Kecamatan Ngaliyan. Sebenarnya ada tetenger, ancer—acer atau land mark nya adalah ada tugu PKK berbentuk love dan Tunas kepala yang lumayan besar ukuran 3 meter tingginya berwarna hijau.

Untuk angkutan juga lumayan, karena bus BRT jurusan Cangkiran-Terboyo ada halte BRT depan persis Kwarcab Kota Semarang, bus cangkiran terboyo atau boja-terboyo, dan bus kecil njakah-boja lewat.  Jadi aksesnya sangat terjangkau, walupun letaknya tidak berada di tengah kota.

Kompleks kwarcab Kota Semarang sebetulnya cukup lengkap, karena terdiri dari kantor kwarcab (ruang pimpinan, ruang pertemuan dan kesekretariatan), Joglo yang lumayan luas bisa menampung 50 orang lebih, kompleks DKC (ruang DKC, Ubaloka dan unit KTA), komples Pusdiklatcab Cakrabaswara, juga ada masjid kecil di belakang kantor.

Sering kali banyak kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan di sana, dari siaga sampai pertemuan orang dewasa atau pembina. Namun kalo hari-hari kerja penghuninya adalah H M Adi Darmawan, Komandan Ubaloka Kota Semarang, dan beberapa anggota ubaloka yang ada di mako Ubaloka Kota semarang untuk piket.

Untuk urusan administrasi nanti akan bertemu dengan kak Man.  Beliau berdua senantiasa akan melayani administrasi kwarcab pada hari kerja. Selain itu ada penghuni lain yaitu Azrul yang mengurus KTA.

Penyewaan tenda pramuka  saat ini Kwarcab tidak melayani tetapi saat ingin menyewa tenda ada di Kwarran Ngaliyan, tempatnya mudah kok hanya di belakang kwarcab. Tepatnya di samping SD Ngaliyan 03

Selaian itu sebetulnya ada kedai yang menjual perlengkapan pramuka, namun saat ini tidak ada yang menunggui sehingga hampir tutup sepanjang hari. 

Bagi teman-teman pramuka, kalo mampir ke kota Semarang jangan lupa mampir ke sanggar ya.. 

tempat asik lain 


Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 226 887 668 ( hanya SMS)

Adat  Ambalan
Masjid Agung Kudus 




7 komentar:

  1. Teman pramuka jangan bingung ya kalo cari alamat Kwarcab lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum kak awang
      Salam hormat dari saya mau memberitahukan bahwa ukm pramuka USM ( universitas semarang ) surah berdiri kembali mohon bimbingan nya suwun kak

      Hapus
    2. Hub kakak2 yg saya sebut di bawah

      Hapus
    3. Hub kakak2 yg saya sebut di bawah

      Hapus
  2. Kak mau tya klau sya mau ngurus surat sertifikat KMD yg hilang bgaimna y.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ke kak kurniawan sektetaris pusdik. Membawa surat kehilangan dari polisi. Jam kerja beliau guru di smp 17 semarang.

      Hapus
  3. Mohon maaf sudah lama saya tidak buka blog yg ini... Sudah hub kakak2 terdahulu.. Kak annur iskandar ketua Badan usaha kwarcab kota semarang, kak ikhsan ka pusdiklacab kota semarang, kak heri pamong saka sbh Kota Semarang dll

    BalasHapus